Selasa, 01 Maret 2011

Perdagangan Internasional


Perdagangan Internasional
Perdagangan Internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama.  Penduduk yang dimaksud dapat berupa antar perorangan, individu dengan pemerintah suatu negara atau pemerintah suatu negara dengan pemerintah negara lain.  Bila dibandingkan dengan pelaksanaan perdagangan di dalam negeri, maka perdagangan internasional sangatlah rumit dan kompleks.  Kerumitan ini disebabkan oleh faktor-faktor antara lain :
·         Pembeli dan penjual terpisah oleh batas-batas kenegaraan
·         Barang harus dikirim dan diangkut dari suatu negara kenegara lainnya melalui bermacam peraturan, seperti pabean.
·         Antara satu negara dengan negara lainnya terdapat perbedaan dalam bahasa, mata uang, taksiran dan timbangan, hukum dalam perdagangan dan sebagainya.
Setiap negara yang melakukan perdagangan dengan negara lain tertentu akan memperoleh manfaat bagi negara tersebut. Manfat tersebut antara lain :
1.      Memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi di negri sendiri
  1. Memperoleh keuntungan dari spesialisasi
3.      Memperluas Pasar dan Menambah Keuntungan
4.      Transfer teknologi modern
Sebab-sebab terjadinya perdagangan Internasional adalah:
a.       Revolusi Informasi dan Transportasi: Ditandai dengan berkembangnya era informasi teknologi, pemakaian sistem berbasis komputer serta kemajuan dalam bidang informasi
b.      nterdependensi Kebutuhan: Masing-masing negara memiliki keunggulan serta kelebihan di masing-masing aspek, bisa di tinjau dari sumber daya alam, manusia, serta teknologi.  Sehingga dapat memberikan dampak ketergantungan antar negara.
c.       Liberalisasi Ekonomi: Kebebasan dalam melakukan transaksi serta melakukan kerjasama, sehingga masing-masing negara akan mencari peluang untuk berinteraksi melalui perdagangan internasional.
d.      Asas Keunggulan Komparatif: Keunikan suatu negara yang dimiliki oleh negara tersebut, yang tidak dimiliki oleh negara lain. Hal ini akan membuat negara memiliki keunggulan yang dapat diandalkan sebagai sumber pendapatan.
e.       Kebutuhan Devisa: Perdagangan internasional juga dipengaruhi oleh kebutuhan akan devisa suatu negara. Dalam memenuhi segala kebutuhannya setiap negara harus memiliki cadangan devisa yang digunakan untuk melakukan pembangunan, perdaganan internasional merupak salah satu sumber devisa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar