Minggu, 29 Mei 2011

Mobil Bukan Investasi


Mobil Bukan Untuk Investasi
Selama ini banyak orang yang beranggapan bahwa membeli mobil baru merupakan salah satu dari bentuk investasi. Akibatnya mereka yang harus mengambil kredit karena uang yang terbatas rela mengambil dana dari tabungan darurat untuk uang muka.  Bahkan ada juga yang rela menghentikan sementara tabungan pensiunnya untuk membayar cicilan bulanan.  Benarkah memebeli mobil merupakan instrument investasi?
Sebelumnya kita haris dapat memahami definisi investasi. Investasi adalah kegiatan menanamkan uang atau modal, ke dalam bentuk penanaman modal (investation), dengan harapan mendapatkan imbalan hasil atau return. Dengan kata lain orang yang bertujuan investasi pasti mengharapkan uang yang di keluarkan akan bertambah, atau seburuk-buruknya modal yang di keluarkan tidak berkurang.
Jadi menurut saya investasi mobil bukanlah hal yang baik, karena jika mobil di jual kembali maka kita tidak akan mendapatkan uang yang lebih besar dari harga pembelian.  Sulit sekali bagi seseorang untuk mendapatkan keuntungan finansial dari menjual kembali mobil yang kita gunakan, menjual dengan harga pembelian pun cukup sulit.  Maka sebaiknya mobil itu di gunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari dan penggunannya tidak untuk mendapatkan keuntungan, bukan untuk investasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar